Ciri-ciri Hardisk rusak

Hardisk merupakan bagian yang sangat vital dalam sebuah komputer, karena didalamnya data-data yang kita miliki disimpan. Namun taukah anda bahwa perangkat ini sering mengalami kerusakan seperti data dibaca susah atau bahkan tidak terdeteksi?. untuk itu kita harus senantiasa menjaga agar hardisk ini tidak gampang rusak dan data yang kita miliki akan aman. Cara yang paling bagus dalam menjaga agar hardisk dalam keadaan bagus adalah dengan melakukan shutdown komputer sesuai prosedur jangan main cabut kabel powernya. itu salah satu penyebab hardisk menjadi rusak. berikut ini adalah ciri-cri dari hardisk yang mengalami kerusakan :

  1. Hardisk tidak terdeteksi di bios
    jika anda mengalami kejadian seperti ini sebaiknya anda coba ganti dulu kabel power dan kabel data hardisk dengan yang bagus, kalau masih tetap tidak terdeteksi coba pasang ke komputer lain jika tetap tidak bisa berati hardisk mu sudah rusak.
  2. Hardisk terdengar suara berisik
    Suara berisik yang di timbulkan oleh hardisk merupakan ciri dari piringan hardisk mengalami goresan atau optik tidak berada pada posisi yang benar, jadi ketika piringan hardisk berputar maka terdengar suara yang keras dan berisk.
  3. Hardisk terbaca lama
    sama seperti yang terjadi pada suara berisik hardisk yang terbacanya lama diakibatkan karena kondisi piringan yang mulai rusak jadi ketika mau membaca membutuhkan proses yang lama.
  4. Ada Bad Sector
    Bad sector perupakan sektor-sector hardisk yang digunakan untuk menyimpan data mengalami kerusakan. untuk mengecek apakah hardisk mengalami bad sector bisa menggunakan aplikasi kecil yang bernama HD TUNE, dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui apakah hardisk kita menmpunyai bad sector atau tidak, jika sudah mengalami bad, sebaiknya cepat anda ganti dengan hardisk yang baru karena biasanya bad ini akan menjalar ke sector lain.
Demikian sedikit ciri-ciri hardisk yang rusak semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat.terimakasih.

0 Response to "Ciri-ciri Hardisk rusak"

Post a Comment