Cara Mengganti Port Charger atau Cas Tablet Cina Beyond

Lagi-lagi ada masalah dengan tablet,  jadi kemarin saya diminta tolong tetangga untuk mengecek tabletnya tidak bisa dicas. Saya cek ternyata port konektornya mau lepas, jadi harus di bongkar dan di solder ulang. Jika tetap tidak bisa maka harus ganti konektor.

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing pengalaman saya mengganti conector cas pada tablet cina miliknya Beyond. Sebenarnya untuk mengganti conector ini tidaklah susah, hanya diperlukan ketelitian dan kehati-hatian karena dalam penyolderanya kaki conector sangat kecil. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah conektor kalau beli sekitar 20rb an, Solder, timah dan atraktor untuk menyedot timah. setelah bahan-bahan siap langkah selanjutnya adalah menlakukan pengoperasian, melepas conector yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.
Perlu juga diingat jika masih memungkinkan untuk di solder ulang konektor yang rusak lakukanlah, munkin karena kurang kencang saja dengan demikian kita tidak perlu mengganti dengan conector yang baru. Lebih hemat dari pada kit bawa ketempat servis yang minimal kita harus mrogoh kocek 50Rb kalau cuma solder ulang dan jika mengganti port maka biayanya sekitar 75-100Rb.


Agar kejadian seperti ini tidak terulang maka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Jangan Menggunakan tablet atau hp saat posisi di cas, karena bisa mengakibatkan port tertarik-tarik dan lama-lama akan lepas lagi konektornya.
  2. Gunakan Charger bawaan, biasanya jika kita menggukan charger yang lain kadang conectornya lebih keci dan susah masuk yang mengakibatkan kita memaksa dan concter akan kendor atau lepas.
  3. Jika Sudah Penuh segeralah dilepas proses pengisianya ada beberapa tablet jika lama di isi akan menjadi panas.
Nah sekian cara memperbaiki konektor charger tablet cina Bayond semoga bermanfaat buat teman-teman semua. Bagi yang punya pertanyaan seputar tablet jangan ragu-ragu untuk menanyakan kepada saya.

1 Response to "Cara Mengganti Port Charger atau Cas Tablet Cina Beyond "

  1. bos sy punya beyond tp jalur usbnya putus sy minta cara jamper jalur usbnya donk

    ReplyDelete