Memperbaiki Laptop Axioo Neon HNM kalau Panas Mati Sendiri

Pada kesempatan kali ini akan saya share sebuah pengalaman saya dengan teman hidup saya yang menemani dalam mengerjakan tugas-tugas kuliah dan pekerjaan. Jadi awal ceritanya begini, niat hati ingin membersihkan debu-debu yang menempel pada kipas prosesor dan ram eh malah jadi erorr laptopnya, kalau panas mati secara mendadak. Hanya setelah aku semprot mainboar laptop saya ini dengan udara tekanan tinggi dari kompresor.Pada awalnya saya tidak mengetahui apa penyebab laptop kesayangan ini bisa kaya gini. sudah aku bongkar 7hari 7malam,

Saya beri doa dan saya bacakan surat Yasin tapi tetap saja tidak mau nyala. Sudah mencoba berbagai cara dengan meberi pendingin chipset dari Mainboard PC, memberi paste dengan bermacam-macam merk, sampai memanasi chipset dengan blower tak satupun cara tersebut yang berhasil. Setelah aku lihat-lihat, ternyata dudukan pendingin pada prosesor ini ada yang kuran kencang, jadi panas yang ada prosesor tidak terserap dengan sempurna oleh pendingin. setelah mengetahui bahwa ini kuran kuat maka tanpa berfikir panjang langsung saya belikan lem altcho agar dudukan pendingin tadi bisa menempel dengan kuat kembali. setelah saya test instal dalam keadaan terbuka ternyata sukses tidak ada hambatan seperti sebelum saya beri lem tadi. setelah selesai proses install kemudian saya test dengan menginstall aplikasi tambahn seperti office dan lain-lain. ternyata masih lancar jaya.  Dudukan yang kurang kuat berada pada titik yang saya beri lingkaran warnah merah dibawah ini coba cek juga dudukan yang lain mungkin juga kurang kuat.



Setelah memastikan bahwa laptopku ini berjalan dengan lancar akhirnya saya rakit kembali kedalam kesing laptop dan memasang kembali baut-baut beserta perangkat yang sebelumnya saya lepas. dan alhamdulilah sampai sekarang laptop masih aman walaupun digunakan untuk lembur sampai pagi.

Sekian dulu pengalaman saya dengan laptop axioo HNM milik saya semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya yang lain.

7 Responses to "Memperbaiki Laptop Axioo Neon HNM kalau Panas Mati Sendiri"

  1. sama gan laptop ane juga satu type & rusaknya kyk gitu .udah ganti pasta masih aja panas. sekarang ane mau langsung bongkar ni laptop. moga gak panas lagi y gan :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gan di coba dulu, kalo blm bisa mungkin dari chipshetnya. di panasi dengan blower dulu coba kalo tete blm bisa.

      Delete
  2. Gan dilingkaran itu punya ane malah gak ada bautnya. Apa seharusnya heatsink nempel ke 3 chipset yg diujung ya? Gmn cr ngelemnya gan. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilem bagian bawahnya, yang nempel dengan mainboard. punyaku kemaren udah gak bisa kenceng jadi tak lem.

      Delete
  3. Gan saya mau nannya, kalo batre laptop dilepas sudah lama sekali, namun ketika saya pake lagi ehh ntu batre gak bisa diisi ?? Udah di cas semaleman juga tetep gak ada sisa energi sedikitpun ? Gimana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo batre seperti itu sudah gak bisa diperbaikai gan. dulu pernah ada cust yang nglamai kaya gitu leptop dell batrenya dilepas jarang dipakai pas mau dipakai ternyata gak bisa nyimpan listrik sama sekali. akhirnya saya suruh beli yang kw 300rb

      Delete
  4. gan axio ane juga kaya bgtu sekarang, udah di kasih pasta cuma bisa on ya 10 -15 menitan, trus tba2 mati sendiri, ane mau nanya..

    "mungkin dari chipshetnya. di panasi dengan blower dulu coba kalo tete blm bisa." di panasin biar apa ya ?

    trus lem altcho yang kaya apaan yak ?

    oh iya itu yang 3 buah cip yang di kasih bantalan kaya karet itu di bawah headsing itu yang panas ya kak ?

    ReplyDelete