Langkah-Langkah Menangani Kambing Melahirkan

Kambing melahirkan, kalau dalam bahasa jawa sering disebut dengan kambing manak. Sebelum saya bahas langkah-langkah untuk menangani kambing manak, akan saya jelaskan terlebih dahulu ciri-ciri kambing yang mau melahirkan. Dengan mengetahui ciri-cirinya kita dapat mengetahui kita dapat melakukan langkah-langkah yang tepat supaya cempe atau anak kambing dan ibunya selamat.

kambing manak

Ciri-ciri kambing yang mau melahirkan adalah kambing mengerang seperti mengembek yang secara terus-menerus. Selain suara yang terus mengerang, ciri lainnya adalah kaki depan kambing yang hamil ini mendoker-doker ke tanah. Jika kambing sudah mengalami ciri-ciri seperti ini segera lakukan langkah-langkah yang akan saya jelaskan dibawah nanti.

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika kambing mau melahirkan adalah tempatkan pada tempat yang lapang dan terang. Karena dulu saya pernah melihat kambing saya dirumah ketika melahirkan malam-malam dan kami satu keluarga tidur semua. Saat pagi bangun melihat anak kambing meninggal 2 dari total 3 kambing yang dilahirkan. Setelah pagi saya cek ternyata anak kambing ini diinjak sendiri oleh induk kambing. Karena posisi di dalam kandang cukup sempit dan pencahayaan yang kurang.

Langkah selanjutnya adalah menunggu anak kambing lahir, atau keluar dari perut induk kambing. Setelah lahir langsung kita pencet bagian hidung supaya anak kambing bisa bernafas dengan normal dan jangan lupa untuk menepuk 3x pada bagian keningnya. Konon dengan melakukanya nanti ketika sudah dewasa kan menjadi kambing yang tangguh.

Setalah itu langkah yang kita lakukan adalah menunggu , dan biarkan induk menjilati anaknya supaya bersih dari lendir yang terbawa saat baru lahir. Dalam waktu 30 menit biasanya anak kambing sudah bisa berdiri dan meminum susu dari induk kambing atau ibunya.

Demikian adalah langkah-langkah untuk menangani kambing yang akan lahiran. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Sekian dulu postingan kali ini sampai jumpa dengan postingan saya yang lainya.

0 Response to "Langkah-Langkah Menangani Kambing Melahirkan"

Post a Comment